-->
Terimakasih telah berkunjung ke website ini. Kami menerima segala saran dan kritik dari para pembaca, mau itu dari segi penulisan soal dan kunci jawaban, penampilan iklan dan yang lainnya. Untuk memberikan kritik dan saran anda bisa menghunbungi kami melalui halaman HUBUNGI KAMI.

Contoh soal dan jawaban Nilai Kehidupan Novel bahasa indonesia

akses cepat [Tutup]

    Umumnya, sebuah karya sastra seperti cerpen dan novel memiliki makna atau nilai kehidupan yang bisa kita ambil dan renungkan untuk dijadikan sebuah pedoman atau hal lainnya. Ada banyak nilai yang terkandung dalam sebuah karya sastra seperti cerpen dan nove, antara lain : nilai moral, sosial, religius, budaya, pendidikan, etika, estetika, politik, patriotik, psikologi, ekonomi, historia dan masih banyak lagi.

    SOAL 1 : SOAL DAN KUNCI JAWABAN Nilai Kehidupan Novel


    Disajikan sebuah kutipan novel, siswa dapat menentukan bukti nilai agama dalam kutipan novel tersebut.

    1. Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama kemudian kerjakan dua soal di bawahnya!

    (1) Teman-teman Fajar bersorak gembira. (2) Daffa terkulai lemas karena layang-layangnya putus. (3) Senja pun tiba. (4) Ketika terdengar suara adzan, anak-anak mulai membubarkan diri untuk pergi ke masjid. (5) Berita kemenangan Fajar atas Daffa semakin menambah keyakinan anak-anak desa itu bahwa layang-layang milik Fajar memang sakti. (6) Fajar menjadi semakin tinggi hati.
    Bukti nilai agama terdapat pada kalimat bertanda nomor ....
    A. (1) C. (4)
    B. (3) D. (6)




    Kunci Jawaban : C




    Pembahasan :




    Nilai agama adalah nilai atau ketentuan yang terdapat dalam agama yang mesti dipatuhi oleh penganutnya. Dalam cerita tersebut dapat diketahui ketaatan anak-anak untuk menjalankan salat di masjid. Bukti: Ketika terdengar suara adzan, anak-anak mulai membubarkan diri untuk pergi ke masjid.




    2. Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama!




    (1) Layang-layang Adi tiba-tiba menukik dari atas menyambar layang-layang Badu. (2) Akibatnya, ada bagian kertas layang-layang Badu yang robek. (3) Dan... ketika diadu kembali, layangan Badu pun putus. (4) Badu memandang layang-layangnya seolah-olah tidak percaya. (5) Perasaan sedih dan malu menjadi satu. (6) Akhirnya Badu mengakui kekalahannya.
    Bukti nilai moral terdapat pada kalimat bernomor ...




    A. (3)




    B. (4)




    C. (5)




    D. (6)




    KUNCI JAWABAN : D




    PEMBAHASAN : Berhubungan dengan afeksi: mengakui kekalahan




    3. Bacalah kutipan cerita berikut!
    Kenari merasa malu dan kurang percaya diri kalau berkumpul dengan teman-temannya. Tubuhnya kecil dan mengeluarkan bau tak sedap. Teman-temannya sering meledek dan menggodanya. Kenari ingin penampilannya berubah. Dia ingin buktikan kepada teman-temannya bahwa ia bisa tampil bersih dan tidak kalah besar. Kenari pun bangun pagi dan rajin membersihkan diri. Ia tidak malas lagi mencari makan. Berkat ejekan teman-temannya, dirinya membuang jauh-jauh sifat malasnya.
    Nilai moral pada kutipan cerita tersebut adalah….




    A. dalam pergaulan harus memusnahkan sikap berkuasa




    B. dengan teman harus saling menggoda dan meledek




    C. berusahalah menjadi lebih baik agar percaya diri




    D. kurang percaya diri hal biasa dalam pergaulan




    (soal UN tahun 2018 SMP/MTs)




    Kunci jawaban: C




    Pembahasan Nilai moral, yaitu nilai yang berkaitan dengan akhlak/budi pekerti/susila atau baik buruk tingkah laku.




    4. Kemudian Pak Balam membuka matanya dan memandang mencari muka Wak Katok. Ketika pandangan mereka bertaut. Pak Balam berkata kepada Wak Katok. “Akuilah dosa-dosamu, Wak Katok, dan sujudlah ke hadirat Tuhan. Mintalah ampun kepada Tuhan Yang Maha Penyayang dan Maha Pengampun, akuilah dosa-dosamu, juga supaya kalian dapat selamat keluar dari rimba ini, jauh dari bahaya yang dibawa hariman ... biarlah aku yang jadi korban ...”




    Nilai-nilai yang terkandung dalam kutipan novel tersebut adalah ....




    A. menasihati orang-orang yang telah berbuat kejahatan




    B. melakukan tobat dan meminta ampun atas dosa-dosa




    C. meminta ampun kepada Tuhan dengan cara selalu bersujud




    D. mengakui kesalahan dan dosa-dosa yang dilakukan




    E. berbicara dengan membuka mata dan memandang lawan bicara




    Jawaban : B




    Pembahasan: Nilai agama adalah nilai yang berhubungan dengan prinsip kepercayaan kepada Allah beserta ajarannya, misalnya tentang perlunya seseorang menyembah-Nya, bertobat, atau berbuat baik kepada sesama. Nilai agama yang terdapat pada kutipan novel tersebut adalah melakukan tobat dan meminta ampun atas dosa-dosa (awaban B). Hal itu dapat diketahui dari kalimat “ Akuilah dosa-dosamu Wak Katok, dan sujudlah ke hadirat Tuhan.”




    Penutup

    Demikianlah Contoh soal dan jawaban Nilai Kehidupan Novel bahasa indonesia. semoga soal-soal tersebut bisa berguna untuk teman-teman dalam memahami materi nilai kehidupan dari sebuah karyat sastra dan mungkin bisa dijadikan acuan untuk saat akan mengikuti sebuah ujian atau ulangan.

    Belum ada Komentar untuk "Contoh soal dan jawaban Nilai Kehidupan Novel bahasa indonesia"

    Posting Komentar

    Jika ada kerusakan pada link download, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak atau tinggalkan komentar dibawah untuk diperbaiki.

    Gunakan kata-kata yang sopan untuk berkomentar di kolom komentar, terimakasih.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel