-->
Terimakasih telah berkunjung ke website ini. Kami menerima segala saran dan kritik dari para pembaca, mau itu dari segi penulisan soal dan kunci jawaban, penampilan iklan dan yang lainnya. Untuk memberikan kritik dan saran anda bisa menghunbungi kami melalui halaman HUBUNGI KAMI.

Contoh Soal Keperawatan Gawat Darurat dan Kunci Jawaban

akses cepat [Tutup]

    Contoh Soal Keperawatan Gawat Darurat dan Kunci Jawaban

    Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi soal dan kunci jawaban yang berkaitan dengan materi Keperawatan Gawat Darurat.

    Soal dibawah ini membahas banyak hal tentang Keperawatan Gawat Darurat, mulai dari contoh kasus, tindakan, waktu dan hal lainnya yang mencakup materi ini.

    Silahkan baca dan pahami dengan baik setiap soal, kamu juga bisa melihat kunci jawaban dari setiap soal dibagian paling bawah.

    Soal keperawatan gawat darurat

    1. Tn. Munir dengan umur 42 tahun dan Ny. Sakdiah umur 40 tahun mengalami tabrakan dengan mobil lainnya saat mengendarai mobilnya di jalan tol. Pada saat kejadian Tn. Munir dalam keadaan sadar, saat dikeluarkan dari mobil Tn. Munir menjerit kesakitan ternyata ditemukan tungkai sinistra tibia fibula tampak bengkok, bengkak, dan terdapat luka robek yang mengeluarkan darah. Sedangkan Ny. Sakdiah saat kejadian dalam keadaan tidak sadar dan ditemukan adanya jejas pada dada dekstra dan diduga mengalami henti nafas.

    Pada kasus diatas, pernyataan manakah yang benar menurut kondisi gawat dan darurat?

    a. Ny. Sakdiah termasuk dalam kategori gawat dan Tn. Munir termasuk dalam kategori darurat

    b. Ny. Sakdiah termasuk dalam kategori darurat dan Tn. Munir termasuk dalam kategori gawat

    c. Ny. Sakdiah dan Tn. Munir termasuk dalam kategori gawat dan darurat

    d. Ny. Sakdiah dan Tn. Munir tidak termasuk dalam kategori gawat dan darurat


    2. Pada pagi ini, tampak seorang perawat melakukan resusitasi cairan dengan melakukan kolaborasi penggantian cairan menggunakan infus 2 jalur pada pasien yang mengalami peradrahan. Tindakan dari perawat tersebuti disebut?

    a. Penanggulangan Pasien Gawat Darurat

    b. Upaya Penanggulangan Pasien Gawat Darurat

    c. Upaya Penanggulangan penderita Gawat Darurat

    d. Penanggulangan Penderita Gawat Darurat


    3. Pasien datang ke IGD dengan keadaan sadar, tampak kesulitan bernafas dan kedua tangan memegangi leher, orang yang mengantar pasien menyebutkan pasien tersedak, apa tindakan yang tepat kita lakukan

    a. Head tilt

    b. Chin lift

    c. Hemlich manuver


    4. Tindakan yang tepat untuk membebaskan jalan napas pasien yang dicurigai cedera tulang belakang ialah

    a. Head tilt

    b. Chin lift

    c. Hemlich manuver

    d. Jaw thrust


    5. Pasien datang ke IGD dengan keluhan nyeri punggung yang berulang dikategorikan apakah pasien ini

    a. Penderita gawat darurat

    b. Penderita tidak gawat tapi darurat

    c. Emergent

    d. Nonurgent


    6. Pasien membutuhkan penilaian/evaluasi dan penanganan, tetapi waktu tidak menjadi faktor kritis, ini merupakan definisi dari

    a. Emergent

    b. Urgent

    c. Nonurgent

    d. Stable


    7. Waktu yang ideal untuk tindakan penyelamatan pada pasien sumbatan jalan nafas dan perdarahan hebat menurut metode START Triage ialah

    a. 1-2 menit

    b. <30 detik

    c. < 3 menit

    d. Tidak lebih dari 60 detik


    8. Di Unit Gawat Darurat, dua pasien akibat kecelakaan datang secara bersamaan. Ny. A: berteriak-teriak, perdarahan di kaki kanannya. Tn. B : hanya diam, perdarahan dari kepala. Kemudian datang Tn.C mengeluh nyeri nyeri dada sejak 2 jam yang lalu. Ny. D mengeluh sesak berat dan terlihat gelisah. Prioritas manakah yang harus ditolong lebih dahulu?

    a. Ny.A

    b. Tn.B

    c. Tn.C

    d. Ny.D


    9. Di suatu ruang IGD, terdapat pasien Tn.B umur 34 tahun mengalami penurunan kesadaran. Tn.B membuka mata setelah diberi perintah membuka mata. Saat ditanyakan tempat Tn.B sekarang berada Tn.B tampak bingung. Saat diberi cubitan pada lengan tangan dekstra, Tn.B menarik tangannya menjauhi cubitan. Perawat menilai GCS Tn.B E3V4M4 (somnolent). Berdasarkan kasus diatas, bagaimanakah core competency yang dimiliki perawat tersebut?

    a. Perawat tersebut telah memiliki core competency dalam hal komunikasi

    b. Perawat tersebut telah memiliki core competency dalam hal terampil dalam penilaian klien

    c. Perawat tersebut telah memiliki core competency dalam hal prioritas pengaturan dan berpikir kritis

    d. Perawat tersebut telah memiliki core competency dalam hal pengetahuan perawatan darurat dan keterampilan klinis


    10. Di suatu ruang IGD, terdapat pasien An.K umur 8 tahun yang mengalami perdarahan pada bagian leher yaitu vena jugularis. Perawat yang bertugas pada pasien tersebut tampak melakukan penekanan keras pada vena jugularis. Berdasarkan kasus diatas, bagaimanakah core competency yang dimiliki perawat tersebut?

    a. Perawat tersebut telah memiliki core competency dalam hal terampil dalam penilaian klien

    b. Perawat tersebut tidak memiliki core competency dalam hal prioritas pengaturan dan berpikir kritis

    c. Perawat tersebut tidak memiliki core competency dalam hal pengetahuan perawatan darurat dan keterampilan klinis serta hal prioritas pengaturan dan berpikir kritis

    d. Perawat tersebut tidak memiliki core competency dalam hal pengetahuan perawatan darurat dan keterampilan klinis


    11. Seorang Laki-laki, umur 29 tahun di bawa ke IGD Karena menderita luka bakar lebih 40%. Anda melakukan pengkajian primary survey dengan mengobservasi pergerakan dinding dada dan didapatkan hasil pernapasan gasping. Apa pemeriksaan yang perawat lakukan pada kasus diatas?

    A.Airway 

    B.Breathing 

    C.Cirkulation 

    D.Disability 

    E.Exposure


    12. Laki-laki 40 Tahun. Dibawa ke IGD dengan keluhan nyeri tekan pada sternum, dan pasien tampak sesak, bising napas berkurang sebelah kiri, ada fraktur kostae 3-6 dan fraktur femur kiri terbuka, TTV: Nadi 110x/mnt, teraba lemah, respirasi 35 kali/mnt, GCS: 14. Anda mengukur skala AVPU pasien. Apa pemeriksaan yang perawat lakukan pada kasus diatas?

    A.Airway 

    B.Breathing 

    C.Circulation 

    D.Disability 

    E.Exposure


    13. Perempuan umur 60 tahun, dibawa ke UGD dengan keluhan nyeri abdomen, setelah melakukan primary survey, pasien dinyatakan stabil, kemudian perawat melakukan pengkajian terhadap riwayat medis, riwayat keluarga, dan sosial. Apakah Prosedur Secondary survey yang perawat lakukan pada kasus diatas?

    A.Melakukan Anamnesis 

    B.Pemeriksaan Fisik 

    C.Fokus Assesment 

    D.Re-Assesment 

    E.Pemeriksaan Diagnostik


    14. Seorang laki-laki, umur 20 tahun di bawa ke IGD dengan keluhan sesak napas, daerah abdomen memar dan bengkak, kesadaran Somnolen, Nadi; 40x/mnt, Pernapasan 45x/mnt dangkal, akral dingin. Riwayat pasien tiga hari yang lalu mengalami kecelakaan, dan tidak dibawa ke pelayanan kesehatan. Apakah masalah kesehatan yang dialami pasien diatas?

    A.Syok Kardiogenik 

    B.Syok Hipovolemik 

    C.Syok Haemoragik 

    D.Syok Neurogenik 

    E.Syok Septik


    15. Laki-laki umur 23 Tahun, dibawa ke IGD korban kecelakaan lalulintas. Pernapasan ada tp gasping, darah keluar dari hidung, leher bengkak, mulai sianosis, gigi patah, maksila dan klavikula fraktur. TTV: Nadi 100x/mnt, respirasi 30 kali/mnt,TD: 90/60 MmHg, GCS: 10. Apakah Jenis syok pada pasien diatas?

    A.Syok Kardiogenik 

    B.Syok Hipovolemik 

    C.Syok Haemoragik 

    D.Syok Neurogenik 

    E.Syok Septik


    16. Perempuan Umur 41 Tahun, Dibawa ke IGD karena kecelakaan lalu lintas dengan kondisi: pasien gelisah, keluar darah dari hidung, belakang telinga ada jejas, perdarahan periorbita, Nadi: 110x/mnt, P: 30 x/mnt. Apakah masalah pada pasien diatas

    A.Tension Pneumotorak 

    B.Temponade jantung 

    C.Fraktur Basis Cranii 

    D.Fraktur Servikal 

    E.Flail chest


    17. Seorang laki-laki umur 20 tahun, dibawa ke UGD, korban kecelakaan lalu lintas. Kondisi pasien: kesadaran Somnolen, Tampak perdarahan daerah fraktur, pasien mengalami fraktur femur, humerus, dan mandibula. TD: 80/50 MmHg, N: 110x/mnt, P: 30 x/mnt. sien ke rumah sakit. Apakah masalah keperawatan Utama Pada Pasien diatas?

    A.Nyeri 

    B.Defisit volume cairan 

    C.Gangguan pertukaran gas 

    D.Penurunan curah jantung 

    E.Kerusakan integritas jaringan


    18. Seorang perempuan umur 50 Tahun dibawa ke IGD, mengalami fraktur tulang Humerus dan klavikula. Terdapat banyak jejas di tubuh pasien, terdapat perdarahan aktif di daerah thorak. Akral dingin, capilary refill > 3 detik. Pasien tidak sadar. TD: 90/60x/mnt, P:32X/mnt, N: 120x/mnt. Perawat melakukan pemasangan OPA/Mayo, dan Kolaborasi dengan dokter dalam Pemasagan ETT, diberi oksigen. Apakah tindakan selanjutnya yang dilakukan oleh perawat?

    A.Pasang NPA 

    B.Lakukan Balut Bidai 

    C.Berikan Posisi Semifowler 

    D.Kaji Tanda-tanda Laterisasi 

    E.Berikan Infus dua jalur di guyur


    19. Seorang perempuan, umur 18 Tahun dibawa ke IGD karena meminum cairan pestisida. Keluhan: sesak, terjadi penurunan kesadaran, pernapasan 35x/mnt. Nadi;60x/mnt. Apakah Tindakan pembebasan jalan napas yang bisa dilakukan perawat pada kasus diatas?

    A.Kolaborasi dalam pemasangan airway definitif/ETT 

    B.Pasang NPA 

    C.Pasang OPA 

    D.Jaw trust 

    E.Suction


    20. Seorang anak laki-laki, umur 6 tahun di bawa ke IGD dengan keluhan sesak napas, kesadaran menurun, Nadi; 50x/mnt, Pernapasan 35x/mnt dangkal. Menurut keluarga, korban terakhir memainkan botol bekas insektisida . Apakah Jenis Sumbatan jalan napas yang terjadi pada pasien diatas?

    A.Insidius 

    B.Sumbatan Total 

    C.Sumbatan Sebagian 

    D.Sumbatan karena lidah 

    E.Sumbatan karena cairan


    KUNCI JAWABAN / PEMBAHASAN / DOWNLOAD

    Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal Keperawatan Gawat Darurat dan Kunci Jawaban"

    Posting Komentar

    Jika ada kerusakan pada link download, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak atau tinggalkan komentar dibawah untuk diperbaiki.

    Gunakan kata-kata yang sopan untuk berkomentar di kolom komentar, terimakasih.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel